Rabu, 24 April 2013

Kepemimpinan dalam Kewirausahaan

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Seorang pemimpin harus menguasai teori karakter kepemimpinan, yaitu teori-teori yang berkaitan dengan mencari karakter kepribadian, sosial, fisik atau intelektual yang membedakan seorang pemimpin dan yang bukan pemimpin. Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimpin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting, misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas.

Kewirausahaan atau wirausaha adalah proses mengidentifikasikan, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lenih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian. Soorang wirausahawan mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi, dan emosi yang sangat terkait dengan nilai-nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Karena kepimpinan merupakan proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan tertentu, maka pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkan oarng lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu. Wirausahawan yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil memimpin para karyawannya dengan baik. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percay pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari usahanya.

Para wirausahawan memiliki gaya kepimpinan yang berbeda, mereka mengembangkan gaya kepemimpinan mereka sendiri sesuai dengan karakter pribadi mereka dalam memajukan usahanya.

Memimpin tidaklah sama dengan mengelola (manage). Walaupun beberapa wirausahawan adalan seorang pemimpin dan beberapa pemimpin adalah wirausahawan. Memimpin dan mengelola bukanlah merupakan aktifitas yang identik. Kepemimpinan adalah bagian dari manajemen. Sedangkan pengelolaan (manage) adalah bidang yang lebih luas dibandingkan memimpin.

Sikap-sikap pemimpin yang sukses dalam berwirausaha:
1. Memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai, artinya ia memiliki mempunyai pendirian, fokus diri, keyakinan akan keputusannya, kemampuan dalam memutuskan, dan berdaya tahan.
2. Memiliki tanggung jawab.
3. Memiliki integritas (nilai yang sejati).
4. Memiliki kreatifitas.
5. Memiliki keberanian.
6. Memiliki kesabaran.
7. Mampu mendengar.
8. Memiliki antusiasme.

Pentingnya kepemimpinan dalam berwirausaha:
1. Agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat teroganisir dengan baik.
2. Dalam berwirausaha dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus atau mengelola suatu usaha.
3. Pemimpin adalah jabatan tertinggi yang memiliki tugas-tugas yang sangat penting dan vital dalam kewirausahaan, seperti pengambilan keputusan, penanggung jawab tindakan yang dilakukan bawahannya, dan memberikan wewenang.
4. Bila dalam mengelola suatu usaha tidak ada pemimpin, maka akan terjadui kekacauan dan kerancuan dalam pembagian tugas yang akan mengakibatkan kebangkrutan.
5. Pemimpin merupakan syarat utama dalam berwirausaha.


Source: http://id.wikipedia.org/wiki/kepemimpinan
http://id.wikipedia.org/wiki/kewirausahaan
http://waisalqorni.blogspot.com/2011/05/kepemimpinan-dalam-berwirausaha_6504.html?m=1

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar